Thursday, 6 March 2014

Backpackers ke Thailand (Bangkok-Pattaya)



Selasa tanggal 18 februari 2014 hingga kamis 20 februari 2014, saya bersama kaka saya melalukan traveling lagi menuju Thailand, sebelum keberangkatan, saya telah menyusun itenary selama 3D2N. adapun rincian perjalanannya sebagai berikut:

BANDARA DON MUANG

Sesampainya di bandara Don Mueang, kami naik bus umum menuju Mo Chit 2. Mo Chit 2 merupakan terminal Bus yang berada di Utara bangkok. Karena kita akan langsung menuju Pattaya jadi kita harus menuju Mo Chit 2 (Northeastern Bus Terminal) untuk naik Bus menuju Pattaya. Begitu keluar dari pintu Ketibaan (Arrival) bandara Don Mueang, langsung jalan menuju pintu keluar ke jalan raya. Begitu tiba di pinggir jalan raya, jalan ke arah kanan menuju tempat pemberhentian bus (jangan menyeberang jalan). Disini ada shuttle bus dari Don Mueang yang langsung menuju Kota. Berhubung kami ingin ke Mo Chit 2, kami menaiki bus Bus A1.
Shuttle bus A1 dan A2 dengan Harga tiket 30 baht, beroperasi pukul 09.00-24.00, melayani rute:
Bus A1: Don Muang – BTS Mo Chit – Mo Chit 2 (Northeastern Bus Terminal)
Bus A2: Don Muang – BTS Mo Chit – BTS Saphan Kwai – BTS Ari – BTS Sanam Pao – Victory Monument

Bus Bangkok - Pattaya Dapat Berangkat Dari Mo Chit 2 (Northeastern Bus Terminal) Atau Ekkamai (Eastern Bus Terminal)

Berhubung Northern Bus Terminal (Morchit 2) lebih dekat dengan Don Mueang, jadi kami berangkat ke pattaya melalui terminal ini dengan nama perusahaan busnya ROONG REUANG COACH Co, Ltd.
Berikut ini adalah harga bus Bangkok - Pattaya
1. Morchit 2* — Motorway –- Pattaya
2. Morchit 2 — Bangna-Trad Rd. (Toll way) –Pattaya
Departure Times
Bus Fare (Thai Baht)
Contact No.
·         Buses leave every 30 to 40 minutes from Morchit-2
·         The first bus leaves at 04:30
·         The last bus leaves at 22:00
1. Motorway route = 133BHT

2.. Bangna-Trad (Toll way) route = 124 BHT
jarak Bangkok - Pattaya kurang lebih 140km, dapat ditempuh selama 2 jam.

PATTAYA

Sesampainya di Pattaya kami menggunakan songthaew, Ongkos songthaew ini 10bath per orang. Naiklah songthaew yang ada penumpang lain. karena kalo gak ada penumpangnya, nanti kita dikira mau charter. Dan songthaew itu gak ada nomer atau rute kaya di indonesia, Jadi hati-hatilah klo menaikinya.
Kami menginap di Tune Hotel Pattaya, karena tempat itu sangat strategis. Banyak tempat makanan cepat saji yang pastinya bersertifikat Halal yaitu ada KFC, Pizza Hut, Subway, dan Burger King.
Berikut ini adalah tempat yang kita datangi di Pattaya:

· Mini Siam
Disini merupakan taman yang luas dengan miniatur miniatur tempat khas thailand yang terkenal seperti wat phra kaeo,wat arun,dll. ditempat ini selain zona siam, ada juga zona eropa. yang dimaksud zona eropa disini adalah bangunan-bangunan terkenal yang berada di negara lain seperti Eiffel tower Paris, Colloseum Italy, Opera house Australia, Liberty USA, Tian tan China, Angkor wat Cambodia.
buka setiap hari pukul 7.00 pagi sampai 10 malam. Tempatnya kurang lebih seperti Windows of the world Shenzhen. Untuk kesini kita harus naik songthaew menuju terminal pattaya terus belok kiri dan dilanjutkan jalan kaki.


· Tiffany show
Ini adalah pertunjukkan show yang paling dinanti orang-orang dari belahan dunia manapun. Karena tiffany pernah dinobatkan sebagai Acara Show terbaik ke 4 di Dunia. semua turis berkumpul disini. Setiap harinya ada 3 jadwal show dan pasti ramai pengunjung. Pertunjukkan ini ditampilkan sepenuhnya oleh banci-banci Thailand. jangan terkejut jika anda tidak bisa membedakan mereka dengan perempuan. karena mereka sangat cantik cantik. selesai acara anda bisa berfoto bersama mereka di depan gedung pertunjukkan, hanya saja jangan lupa memberi uang sekitar 40bath, jika tidak mereka bisa marah sekali.


Setelah acara selesai kami menuju Walking Street, bisa dibilang ini Legiannya Thailand. Dari tempat tiffany show naik songthaew turun di Walking Street, bayar 10bath. Lalu kita bisa menikmati jalan kaki menyusuri Walking Street yang sangat ramai. Setelah puas berjalan-jalan di Walking street kami kembali ke hotel dengan menaiki songthaew menuju Tune Hotels.


Bus Dari Pattaya - Bangkok

Keesokan harinya kami kembali ke terminal Pattaya untuk kembali menuju Bangkok.
Bus AC dari Pattaya menuju balik ke Bangkok tersedia mulai jam 04:30 sampai 23:00 dari Pattaya Bus Terminal. Jadwal keberangkatan setiap 30 menit sekali menuju Ekkamai (Eastern Bus Terminal) dan Mochit (Northern Bus Terminal).

Berikut ini adalah harga bus menuju Eastern Bus Terminal (Ekamai) - Bangkok
Pattaya Bus Terminal [Bangna-Trad Rd. (Toll way)] – Ekamai
Departure Times
Bus Fare (Thai Baht)
Contact No.
·         Buses leave every 30 to 40 minutes from Pattaya Bus Terminal
·         The first bus leaves at 04:30
·         The last bus leaves at 23:00
Before arriving Ekamai, passengers can also get off only at the following Bangkok bus stops:
·         HomePro (Bang Plee)
·         Pedestrian Flyover opposite Central Plaza Bangna
·         Udomsuk BTS
·         Onnuch BTS
However, passenger must inform our driver before the bus departs from Pattaya
124 BHT

BANGKOK

Sampai di Ekkamai bus terminal kita langsung meuju ke Ratchathewi (hotel) dengan menggunakan BTS – Sukhumvit line (E7 ke N1) dari ratchathewi jalan kaki ke hotel. Setelah istirahat sejenak di hotel, kita melanjutkan perjalanan menuju Grand Palace.

· Grand Palace & Wat Phra Kaew
Keindahan Grand Palace memang sangat memukau. Dibangun pada tahun 1782, dan sempat mejadi istana bagi raja-raja Thailand selama kurang lebih 150 tahun. Perpaduan arsitektur barat dan Thailand terlihat sangat indah, dilengkapi taman-taman bergaya Inggris. Walau kini tidak menjadi istana kediaman raja Thailand lagi, namun Grand Palace masih menjadi objek wisata di Bangkok yang paling banyak didatangi wisatawan.
Di dalam kompleks Grand Palace ini juga terdapat kuil paling sakral di seantero Thailand, dimana di dalamnya terdapat patung Buddha paling suci. Patung Buddha yang tingginya hanya sekitar 66 cm ini dibuat pada abad ke-14. Hanya Yang Mulia Raja Thailand saja yang diperbolehkan untuk menyentuh dan mengganti pakaian Emeral Buddha ini. Dalam satu tahun ada tiga kali upacara untuk menggantikan pakaian Sang Buddha, yaitu pada musim panas, musim dingin dan musim hujan. Acara ini ditujukan untuk mendatangkan keberuntungan bagi negeri Thailand pada setiap musim. Jangan lupa jika masuk Grand Palace harus memakai pakaian yang sopan, yaitu kemeja berlengan (bukan tank top), tidak memakai celana pendek atau sandal. Tiket masuk ke Grand Palace 500baht.
Caranya ke Grand Palace : naik BTS dari Phaya tai atau ratchathewi terus turun di BTS Siam (transit di Siam ganti kereta), trus naik BTS ke Saphan Taksin BTS Station. dari situ turun ke dermaganya dan naik Chao Phraya Express Boat menuju ke Ta Chang Pier (N9) harganya (Green Line 13 -32bath/orange line 15bath). dari sini jalan kaki sekitar 10-15 menit ke pintu masuk utama Grand Palace. Atau kalau mau ke Wat Pho dan Wat Arun dulu, bisa turun di Tha Tien Pier (N8). wat Arun ada di seberang sungai dari dermaga ini, sementara untuk ke Wat Pho, jalan kaki ke arah luar dermaga, sekitar 7 menit.


· Khao San Road
Setelah ke Grand Palace kita melanjutkan perjalan menuju Khao san road. Sama seperti Chatuchak Weekend Market, satu tempat lainnya yang erat dikaitkan dengan kota Bangkok adalah Khao San Road. Jalan kecil ini menjadi surga bagi para backpackers dari seluruh dunia. Khao San Road dulunya adalah salah satu pasar berasnya Bangkok. Tapi seiring berjalannya waktu akhirnya berkembang jadi tempat hang out para backpackers karena banyak terdapat penginapan murah, mulai dari hostel dengan kamar dormitory, sampai hotel bintang 3.
Sepanjang jalan dipenuhi dengan berbagai macam gerai yang menjual produk fashion, aksesoris dan banyak lagi. Travel agent, tempat tattoo, pijat refleksi dan banyak lagi. Mencari makanan juga mudah di sini, banyak restoran, kafe, dan bar. Mulai dari makanan tradisional Thailand seperti Tom Yum, Pad Thai dan Mango Sticky Rice, hingga menu-menu internasional. Jajanan kaki lima juga banyak. Ada yang menjual lumpia, ayam goreng hingga serangga goring. Suasana Khao San Road mulai ramai menjelang sore hingga tengah malam.
Dari Khao san road kita kembali ke hotel dengan menggunakan tuk-tuk karena di sekitar sini tidak ada BTS. Berhati-hatilah saat menggunakan tuk-tuk karena harganya yang diketok oleh supirnya. Bermodal bahasa tubuh akhirnya setelah tawar-menawar kita fix di harga 150bath untuk menuju hotel kami yang jaraknya lumayan jauh. Hotel kami menginap taitu Bangkok City Hotels yang berada di daerah Ratchathewi.


· Madame Tussauds Wax Museum
Dari hotel jalan ke BTS Ratchathewi lalu turun di BTS Siam untuk menuju Madame Tussauds Wax Museum adalah satu tempat yang menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara. Disini dapat Anda temukan patung lilin dari para artis mancanegara dan tokoh-tokoh dunia. Dari Madonna, jackie chan, Einstein, Ratu Elizabeth, sampai Presiden Obama dan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, ada di museum ini. Jangan lupa untuk pesan tiket secara online, karena ada diskon 50% jika masuk ke museum ini sebelum jam 12 siang.
Tiket Masuk: 800 Baht (pesan online dan masuk sebelum jam 12 siang, harga tiket 400 Baht) Jam Buka: 10.00-21.00.



Setelah puas melihat-lihat para bintang dan tokoh dunia di museum Madame Tussauds, Anda bisa melanjutkan berjalan kaki dan siap-siap berbelanja dan beli oleh-oleh ke berbagai mall dan tempat belanja di seputar daerah Siam. Yaitu diantaranya:

· Siam paragon.
Jalan kaki juga dari Central World ke Siam Paragon, karena mallnya sebelahan. Mallnya lebih gede daripada central world. Siam Paragon ini mirip kayak PI / GI nya Indo kali ya, kalo mau cari yang branded2 yah disini.. Banyak ketemu anak2 muda Bangkok yang gayanya ala boyband2 gitu pada nongkrong disini. Kl ga mau jalan kaki, ke Siam Paragon juga bisa naik BTS, turun di BTS Siam.

· MBK
MBK menurut gw mirip itc sih, mungkin disini alternatif apabila ingin berbelanja souvenir khas Bangkok apabila tidak sempat ke Chatuchak Market yang hanya buka weekend.

· Pratunam Market/Platinum Fashion Mall
Naek tuk-tuk 80B aja dari hotel, Pratunam adalah pasar yang dijadikan tempat belanja buat smua online shop di indo khususnya untuk barang-barang wanita. Pratunam harganya lebih murah dari Platinum, Cuma lebih nyaman di Platinum untuk berbelanja. Menurut kaka saya yang seorang wanita, dia bilang harga pakaian wanita disini 4x lipat lebih murah dibanding di Indonesia.

Setelah puas berjalan-jalan dan bersenang-senang di Bangkok dan Pattaya akhirnya kita balik lagi ke Don Mueang. Transportasi dari Bangkok City Hotels dengan berjalan kaki ke BTS ratchathewi menuju ke BTS mo chit Naik Sukhumvit line. Dari mo chit naik bis A2 or A1 or 29 or 59 or 510 or 513 ke arah Don Mueang. Sekian Perjalan kita selama 3D2N di Bangkok dan Pattaya, sampai bertemu lagi di perjalanan berikutnya.

23 comments:

  1. eh reza nyontek ah itin nya dah lama gak ke pattaya lupa rute dari don muang ke mo chit nya hehe, gw berangkat akhir april 2015 ini, maen2 lah ke forum http://jalan2.com/forum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp bang deffa contek aja kalau memang bermanfaat.hehehe

      iya bang ini lagi nulis perjalanan kemaren ke flores dulu, nanti kalau udah siap terbit gua post di jalan2.com

      Delete
  2. Haii mas reza.. salam kenal.. kebetulan saya sedang mencari itinerary utk ke bangkok pattaya nya.. begitu liat blognya merasa sangat terbantu sekali.. sedikit bertanya boleh?
    DI pattaya naik songtheaw itu bagaimana caranya? Tawar menawar? Berapaan kisaran? Muat berapa orang? Kebetulan kami berangkat ber6.

    Mungkin bisa kasi masukannya mas? Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya salam kenal juga.
      songtheaw itu sejenis angkot, jadi muatnya banyak. gausah tawar menawar nanti dikiranya mau sewa, langsung naik aja. harganya tahun lalu 10 bath perorang kalaupun naik paling 20 bath, kasih aja uang pas. kalau naik tuk-tuk baru tawar menawar.

      Delete
  3. Hai mas, mau nanya nih. Budgetnya selama di Thailand berapa ya? Hehe makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. total pengeluaran semuanya 2jt, udah termasuk tiket pesawat PP dan tiket2 masuk objek wisata dan show.

      Delete
  4. salam kenal sebelumnya buat mas Reza. Mo nanya,apakah hotel tempat mas Reza tinggal posisinya deket dgn pantai ? terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, tune hotel dari bibir pantai lumayan jauh. tapi menurut saya itu ga masalah karena pantai pattaya itu biasa aja. karena pattaya yang terkenalnya nightlife nya, klo pantai mungkin di phuket.

      Delete
  5. Kalau di don muang bisa nginep ga ya ? Sy mw pesan dr bangkok ke singapura yg penerbangan pertama tp takut ga blh nginep

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja klo mau tidur di kursi, soalnya lantainya ga ada karpetnya kaya di singapore atau malaysia.

      Delete
  6. Hallo kak Reza.. Salam kenal. Kalo dari don mueang ke pattaya langsung sebaiknya naik bus apa taxi. Baru pertama ke thailand dan backpaker sama sekali buta daerah.
    Atau kalo gak keberatan boleh minta alamat emailnya kakak?

    ReplyDelete
  7. Hallo kak Reza.. Salam kenal. Kalo dari don mueang ke pattaya langsung sebaiknya naik bus apa taxi. Baru pertama ke thailand dan backpaker sama sekali buta daerah.
    Atau kalo gak keberatan boleh minta alamat emailnya kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik bus saja, soalnya jarak yang ditempuh itu jauh. sekitar 3 jam perjalanan.

      Delete
  8. Mas mau tanya donk kl di terminal bus pattaya bs titip bagasi ga ya? Soalny sblm balik k bkk sy mw main k mini siam dl, kn jaraknya ga gt jauh dr terminal bus pattaya. Kl tas dsimpen di htl kn ga efisien krn hrs bolak balikny jauh n mkn wkt.

    ReplyDelete
  9. Hallo kak , slam kenal.. Kalau naik songtew dari terminal pattay ke tune hotel transit atau nggak ??? Makasih...

    ReplyDelete
  10. Hai, mas reza salam kenal.. sy mau tanya dari Don mueang ke pattaya, klo mau menuju alcazar show rute nya bagaimana ya, apakah naik songthaew juga?
    Terima Kasih Sebelumnya

    ReplyDelete
  11. halo,
    tiket bus bangkok-pattaya dan sebaliknya bisa via online ga? makasih

    ReplyDelete
  12. Kak apa beda tiffany show dan alcazar show ? jika berkenan mohon invite pin bb 74862D3D terima kasih

    ReplyDelete
  13. Kak reza bisa minta contact personnya ?

    ReplyDelete
  14. Info terbaik...sore pi pattaya dan bangkok...ok tak kalau pergi seorg

    ReplyDelete
  15. Bro, bus terakhir dr terminal mo chit 2 ke pattaya jam brp ya? Soalnya baru nyampe d dmk airport jam 17.30. Rencana mau langsung ke pattaya, kira2 sempet g ya?

    ReplyDelete
  16. halo salam kenal , saya rencana mw ke bkk sendiri tp akan jadi yg pertama kali , sy dr don mueng stay di khaosan , kl dr khao san ke pattaya malam apa ada kendaraan ? kl ada sih bs pergi sana balik khaosan lg ,, wait for your reply , thx .
    andri , tangerang . 085959726222

    ReplyDelete