Saturday, 20 December 2014

Solo (Wisata,Kuliner,Belanja)

Surakarta atau yang biasa kita kenal dengan Solo, merupakan kota terbesar kedua setelah Semarang di Jawa Tengah. kota tersebut merupakan kota yang ga akan pernah saya lupakan seumur hidup saya. selama 4 tahun di solo jelas banyak tempat-tempat yang pernah saya datangi selama di solo. sekarang saatnya membagi kepada teman-teman tempat-tempat yang bagus di Solo dan segala kulinernya yang khas.perjalanan ke Solo dapat ditempuh menggunakan seluruh angkutan umum, baik darat maupun Udara. dari yang paling murah hingga paling mahal semua ada. saya akan menjelaskan sedikit mengenai angkutan umum dari Jakarta tujuan Solo.

Angkutan Udara: kita dapat menuju Solo menggunakan Pesawat Terbang, beberapa maskapai yang terbang ke Solo dari Jakarta yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya. harga terendah ke Solo itu sekitar Rp.350rb itu untuk kelas ekonomi biasanya maskapai Lion dan Sriwijaya. sedangkan Citilink itu berangkat dari bandara Halim PK biasanya harga terendah 395rb (include airportax). sedangkan Garuda Indonesia ini yang paling sering Promo dengan harga terendah Rp450rb - Rp.800an. Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo berada di Utara Kota solo tepatnya 14Km dari kota Solo. transportasi dari bandara menuju kota itu ada "Batik Solo" yaitu sejenis Buswaynya Solo, bis tersebut langsung menuju kota solo dan berakhir di Palur (perbatasan Solo-Karanganyar) dengan biaya Rp.15rb. atau ada juga Damri yang menuju terminal Tirtonadi Solo, apabila ingin melanjutkan naik bis ke Sragen, Boyolali, yogyakarta dan daerah di sekitar solo. selain itu ada Taksi yang sudah dibanderol harga menuju tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Angkutan darat: dari jakarta ataupun daerah sekitarnya dapat menuju solo menggunakan Bus atau Kereta. Jika ingin naik Bus rekomendasi dari saya untuk menggunakan Bus Rosalia Indah. karena menurut saya pelayanan yang paling baik menuju Solo ya Bus ini (saya sudah mencoba seluruh bis ke solo). bus tersebut menawarkan berbagai pilihan class, ada Super Executive dengan harga Rp215rb hingga kelas ekonomi yang hanya 100rb (harga sebelum naik bbm). turunlah di terminal solo jangan turun di pull bus, soalnya terlalu jauh untuk ke solo karena berada di Palur, atau bisa minta turun di daerah manahan agar lebih dekat ke kota.

Pilihan lain seperti kereta, ini yang paling banyak di pakai untuk menuju solo. apabila kita menggunakan kereta Executive kita berangkat dari gambir dan turun di Stasiun Balapan Solo dengan rate harga sekitar Rp.350rb. apabila kita menggunakan kereta kelas Bisnis kita bisa berangkat melalui Stasiun Senen dan turun di Stasiun Balapan dengan rate harga sekitar Rp.200rb. dan yang terakhir menggunakan Kereta kelas Ekonomi Senja Bengawan dengan keberangkatan dari Tanah Abang dan dapat turun di stasiun purwosari/stasiun Jebres dengan harga Rp.50rb. dari ketiga stasiun tersebut kita dapat ke pusat kota menggunakan Becak atau taksi.

Sesampai di solo banyak penginapan yang berada di sana mulai dari kelas Melati sampai bintang 5. mulai harga 100rb - jutaan (tergantung kebutuhan). untuk mempermudah keliling2 solo di sarankan untuk menyewa kendaraan. karena di solo tidak ada angkot yang melintasi tengah kota namun hanya ada di pingiran kota. sedangkan bus Batik Solo itu hanya beroperasi hingga jam 17.00 wib.

Untuk jalan-jalan keliling solo pun terdapat Bus Tingkat Werkudara. Calon Penumpang dapat membeli tiket di tempat yang sudah disediakan secara eceran seharga Rp. 20.000,- untuk berkeliling kota Solo pulang pergi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Untuk harga sewa (carter) dengan biaya Rp. 800.000,- per 3 jam dengan biaya overtime Rp. 250.000,- per jam. Penyewa juga dapat meminta bus berhenti di tempat-tempat tertentu selama lokasinya memungkinkan. Pemesanan dilakukan di kator Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta di Jalan Menteri Supeno No. 7 Manahan pada hari dan jam kerja.

Sepur Kluthuk Jaladara yaitu kereta api yang berada di jalan raya seperti Tramp. Sepur Kluthuk Jaladara dapat membawa maksimal 80 penumpang dengan biaya Rp 3.250.000,00. Biaya ini dipergunakan untuk membiayai bahan bakar berupa lima meter kubik kayu jati dan 3 masinis serta 3 asisten masinis yang menyalakan kereta tersebut. Untuk menikmati fasilitas paket layanan ini, tarif satu kali perjalanan pulang pergi biaya yang dikenakan Rp 360.000,00 per orang (paket 25 penumpang), Rp 290.000,00 (paket 35 orang penumpang), dan Rp 150.000,00 (paket 80 orang penumpang). beroperasi 2 kali dalam semingu yaitu setiap hari sabtu dan minggu dengan rute Stasiun Puwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak kurang lebih 5.6 kilometer. Rute ini melewati Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo dan singgah beberapa saat di beberapa tempat perhentian dalam satu trip pulang pergi, diantaranya adalah Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak, dan lain-lain. (Informasi mengenai bus tingkat werkudara dan sepur kluthuk jaladara saya ambil dari website pemerintah kota Surakarta.)

sekarang saya akan menyarankan tempat-tempat yang wajib di kunjungi di Solo:

Keraton Surakarta
Keraton Surakarta adalah tempat wisata yang wajib di datangi di solo. Kita dapat masuk dan berkeliling menikmati koleksi benda kuno di museum, dan juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta. Untuk sejarah dari keraton Surakarta dapat di baca di Wikipedia.

Taman Sriwedari
Taman Sriwedari adalah sebuah taman yang berada di tengah kota. Taman Sriwedari sebelum menjadi tempat wisata merupakan untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Yang menarik di Taman Sriwedari ini terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.

Ngarsopuro Solo
Ngarsopuro adalah kawasan pedestrian yang terletak di Jln. Diponegoro, tepat berada di depan Pura Mangkunegaran. Apabila kita melewati jalan Slamet riyadi pasti akan melihat tulisan ngarsopuro. Di sini juga terdapat pasar windudjenar atau pasar triwindu yang menjual barang-barang antik. Banyak orang yang menghabiskan waktu dengan duduk-duduk di kursi yang tersedia di sepanjang jalan sambil melihat-lihat lukisan-lukisan yang terpajang di sana, lampu jalan yang terpasang dalam sangkar burung, topeng-topeng, dan lainnya. Pada saat malam minggu ngarsopuro ini ramai dengan pedagang dan biasanya ada pentas seni daerah yang ditampilkan di Ngarsopuro Night Market yang secara rutin diselenggarakan mulai pukul 18.00 sampai tutup. Produk yang dijual di pasar malam ini di antaranya kerajinan, batik, souvenir, hingga makanan kuliner khas Solo.

Taman Balekambang
Taman Balekambang merupakan taman rekreasi yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka.

Tawangmangu
Tawangmangu merupakan suatu dataran tinggi di kabupaten Karanganyar, sekitar satu jam dr kota Solo. Untuk menuju tawangmangu tanpa menggunakan kendaraan pribadi kalian dapat naik bus melalui terminal tirtonadi dan pilihlah bus yang menuju Tawangmangu nama salah satu bus nya Rukun Sayur. Beberapa wisata yang berada di daerah tawangmangu yaitu Candi Sukuh, Candi Cetho, gunung lawu dan grojogan sewu. Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata di Solo kategori wisata alam yang paling terkenal. Berada di sisi barat Gunung Lawu. Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu tidaklah jauh dari kota Solo, hanya sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar.

Sebenarnya masih banyak lagi acara-acara yang sering ada di solo misalnya Batik Solo Carnival, festival jenang, kirab kebo bule, dan lain-lain. untuk lebih lengkapnya dapat dilihat jadwal acara di solo melalui website www.eventsolo.com

Wisata Kuliner

Galabo Solo
Galabo atau Gladak Langen Bogan Ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Solo, dengan konsep pusat jajanan malam galabo ini menyuguhkan beragam kuliner khas Solo. Berada di ujung jalan Slamet Riyadi tepat di belakang patung slamet riyadi atau gerbang masuk alun-alun solo.

Gudek Ceker Bu Kasno
Ini salah satu favorit saya, yang hanya buka pukul 02.00 pagi. Jangan terlambat datang kesini karena kalian akan kehabisan ceker yang jadi menu utamanya. Ini bisa dibilang ceker paling enak yang pernah saya makan. ceker tersebut disantap dengan sepiring nasi dan gudeg berserta krecek. berlokasi di jalan Monginsidi tepatnya di depan SMAN 1 Surakarta.

Selat Solo Mbak Lies
Selat merupakan salah satu makanan khas solo, Selat Bestik merupakan Irisan daging sapi yang dicampur di atas telur pindang, kentang goreng, dengan sayuran wortel, tomat, buncis dan selada dan yang spesial ada mayonaise jawa yang merupakan mayonaise khusus untuk Selat. Rasa selat itu sendiri sedikit asam dan manis. Untuk satu porsi Selat Solo Bestik ini harganya 10rb. Beralamat di Jl. Veteran, Gang Yudistira II no.42. tempatnya memang agak masuk gang yang hanya cukup satu mobil namun parkiran didalem luas.

Sumber Bestik Pak Darmo
setiap kali ke solo tempat ini merupakan salah satu yg harus didatangi. campuran dadaran telur dengan daging cincang/lidah yang di beri kuah manis membuat rasanya mantep. Selain itu biasanya sambil diiringi penyanyi keroncong. Silahkan dicoba untuk merasakan sensasinya berlokasi di Jl. Honggowongso Panularan Solo.

Timlo Sastro
dapat menemukan Timlo Sastro yang terletak di salah satu sudut Pasar Gede, tepatnya di Jl. Pasar Gede Timur No 1-2, Balong, Solo. Timlo Sastro berisi daging ayam, ati ampela ayam, sosis goreng khas Solo, serta telur pindang khas kedai timlo itu. Sosis goreng Solo ini bukanlah sosis yang terbuat dari daging sapi pada umumnya melainkan dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat seperti martabak dan digoreng. Di dalam lipatan adonan itu diberi daging ayam bagian dada yang disuwir. Selanjutnya, gorengan sosis itu disajikan dalam potongan-potongan kecil. Sosis inilah yang merupakan ciri khas timlo.

Serabi Notosuman
Serabi atau surabi ini dapat dijadikan oleh-oleh dari solo. Rasanya lembut membuat kurang apabila kita Cuma makan satu atau dua potong. Yang berada di Jl. Muh Yamin.

Wedangan Pendhopo
Ini merupakan salah satu wedangan yang bukan berada di pinggiran jalan atau tenda, melainkan berada didalam sebuah bangunan tua yang terdapat barang-barang antik. Sehingga apabila kita makan disana merasakan makan dengan nuansa jawa banget.

Shi’Jack
Merupakan salah satu tempat minum susu yang terkenal di solo, dengan susu murni nya dan makanan ringan cocok untuk disantap malam hari. Berada di sekitar Kota Barat Solo.
Namun selain tempat-tempat diatas ada pula tempat tempat makan yang digemari para anak muda solo atau yang lebih modern tempatnya seperti:

• CafĂ© Tiga Tjeret, yang merupakan angkringan dengan gaya modern
• Kalimilk dan Momilk yang merupakn tempat minum susu dengan konsep tempat yang nyaman bukan dipinggir jalan.
• Sosis Naga, yang merupakan jajanan pinggiran yang ada di solo. Selain sosis ada jagung, fishball, nugget. Dan menu utama disini rasa naga karena itu paling pedas, walaupun ada rasa lain apabila tidak menyukai pedas.

Wisata Belanja

Pasar Klewer
Pasar Klewer adalah pusat tekstil terbesar di kota Solo. Lokasinya tidak jauh dari Alun-alun atau Keraton Solo. Berbagai macam batik dijual disini dengan jenis dan harga yang berbeda. Pintar-pintar lah menawar disini sebelum membeli, selai itu pasar klewer juga menerima pembelian grosiran.

Kampoeng Batik Kauman
Kampoeng Batik Kauman merupakan pusat kerajinan batik yang lokasinya berada dekat alun-alun solo atau keratin solo. Atau letaknya berada di seberang Pasar Klewer. namun untuk harga disini jauh lebih mahal dibanding pasar klewer. Namun nilai Plus disini sambil belanja kita dapat berjalan-jalan dan berfoto2 karena banyak bangunan tua yang menarik untuk menjadi objek foto.

Kampung Batik Laweyan Solo
Kampung Batik Laweyan adalah salah satu sentra batik yang ada di kota Solo. Kalian dapat berbelanja aneka produk batik, mulai dari kain, baju, hingga kerajinan. Letaknya di daerah laweyan solo, sama halnya dengan batik kauman disini sambil belanja kita dapat berjalan-jalan dan berfoto2 karena banyak bangunan tua yang menarik untuk menjadi objek foto.

Sebenernya untuk batik tergantung selera aja, untuk yang ngerti batik pasti lebih tau yang mana yang lebih bagus. Tapi klo menurut saya sih sama saja.

Solo sekarang lebih modern dibanding solo 1 Tahun yang lalu, Mall semakin Banyak, ada GoKart, tempat nongkrong anak muda semacam Beer House, Coffee Corner, dll. Namun saya selalu kangen dengan kota ini dan ingin selalu kembali ke sana.

No comments:

Post a Comment