Friday 20 September 2013

Lagu Indie Terbaik Sepanjang Masa

Walaupun hanya band indie tapi lagu-lagu ini tidak pantas dilupakan mengingat lagu berikut ini sudah pantas untuk dikatakan lagu terbaik sepanjang masa. sampai kapanpun lagu ini bakal selalu kita ingat terus.



Efek Rumah Kaca - Cinta Melulu, pada tahun 2007 Lagu itu mulai populer di dunia music lagu ini menceritakan tentang keadaan suatu pasar musik di indonesia yang semua lagunya seragam dan hanya bertemakan cinta. selain itu lagu ini menyindir semua penikmat musik, band, dan para pencipta lagu saat ini yang hanya mementingkan pasar semata. karena penyajian komposisi musik dan liriknya begitu-begitu saja.
"Nada-nada yang minor, Lagu perselingkuhan,
Atas nama pasar semuanya begitu klise..
Lagu cinta melulu, apa memang karna kuping melayu? suka yang sendu-sendu"



The Adams - Konservatif, lagu yang satu ini merupakan Soundtrack dari Film Janji joni pada tahun 2005, bila mendengar lagu ini siapapun pasti tahu yang menyanyikan adalah The Adams, dengan lirik yang sederhana yang menceritakan tentang kegiatan yang berlangsung saat menghampiri kekasih dirumahnya dari kita datang hingga kita pulang.
"Siang lambat laun telah menjadi malam
dan ini telah gelas ketiga
jam sembilan malam aku pulang"



Mocca - I Remember lagu yang menjadi soundtrack film Catatan Akhir Sekolah pada tahun 2005 ini pasti banyak yang suka, Band dengan nuansa musik swing, indie, jazz, pop, waltz, dan folk ini sudah banyak penggemarnya baik di nusantara maupun mancanegara. Lagu ini bercerita tentang sebuah kenangan di saat kita sedang mengenang, orang yang kita sukai dan kita akan mengingat semua hal tentangnya mulai dari cara dia memadang, cara dia tersenyum, cara dia membaca buku, dan  semua hal yang dia sukai.
"I remember.. All the things that we shared, and the promise we made,
just you and II remember.. 
All the laughter we shared, all the wishes we made, upon the roof at dawn"



Sore - No Fruits For Today lagu yang populer pada tahun 2005 ini merupakan lagu terbaik Sore, selain itu Sore memiliki keunikan sendiri dibanding band lainnya karena semua anggotanya bermain musik dengan kidal. lagu ini berceritakan tentang seseorang yamg menyukai lawan jenisnya, namun orang yang disukain itu tidak mempunyai perasaan yang sama. namun dia tetap percaya, kalau some time, somehow, bakal someone new, yang bisa membuat dia get over that someone.
"I love you when you love me,
and we're gonna make a big family"



Pure Saturday - Kosong, salah satu pelopor band indie ini juga tidak bisa dilupakan, lagu kosong yang ngehits pada tahun 1995 ini bisa dikatakan simple tapi enak sekali untuk didengar dengan liriknya yang berceritakan mengenai suatu kehidupan untuk meraih sebuah harapan.
"Jalan panjang semakin lapang
Hanya dahan kering yang terpanggang
Tak ada teman telah terpencar
Namun waktu terus berputar"


White Shoes & The Couples Company - Senandung Maaf lagu yang populer pada tahun 2005 ini merupakan salah satu lagu terbaik White Shoes & The Couples Company. Musiknya banyak dipengaruhi oleh lagu-lagu soundtrack film layar lebar yang populer pada era 1940′an hingga akhir 1970′an, semacam classic jazz, disco, easy listening ballads dan lain sebagainya, lirik lagu ini berceritakan tentang penyesalan akan sebuah kesalahan.
"Senandungkan lagu ini
Atas rindu di hati
Berlutut di lantai bumi
Bersedih menyepi"



The Upstairs - Matraman lagu ini populer pada tahun 2004, Selain karena ciri musikal mereka yang danceable, lirik-lirik lagu yang jenaka, The Upstairs juga terkenal karena kharisma frontman mereka, Jimi "Danger" Multhazam yang eksentrik. lagu matraman ini bercerita tentang seseorang yang bersumpah untuk kesetiaannya terhadap pacarnya yang berada di luar kota.
"Kan ku persembahkan sekuntum mawar
Aku di matraman kau di kota kembang"


dengan demikian lagu-lagu ini memang pantas untuk dikatakan sebagai salah satu terbaik Indonesia sepanjang masa.

1 comment: