Friday 21 June 2013

Musik dalam Kehidupan

Kehidupan dan musik, mungkin 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Mengingat musik merupakan alunan nada yang di kombinasikan dengan lirik yang menghasilkan suatu lagu seperti yang biasa kita dengar. Setiap hari kita pasti selalu mendengarkan yang namanya musik tanpa menyadarinya.

Sebagian orang menganggap musik itu hanya sebuah lagu biasa yang dinyanyikan oleh seseorang atau kelompok yang bersuara merdu atau indah. Sebenarnya musik bukan hanya itu aja, tapi musik itu mempunyai suatu makna yang disampaikan melalui nada dan lirik yang disampaikan. Mungkin karena mereka hanya mendengar musik yang enak didengar dan laku di pasaran, tanpa mengetahui apa pesan yang disampaikan dari lirik-lirik yang dinyanyikan. Mengambil dari sebuah jargon dari band Efek Rumah Kaca yang merupakan band indie tanah air bahwa “PASAR BISA DICIPTAKAN”. Melalui jargon itu kita jadi lebih tau bahwa kebanyakan orang di indonesia memiliki selera musik yang hanya laku dipasaran atau yang Cuma itu-itu saja. Lagu-lagu minor yang bernada melayu dengan lirik tentang cinta yang cuma gitu-gitu aja dan bisa dibilang tidak kreatif, tidak adanya pesan yang dapat diterima oleh pendengar.

Musik yang cerdas itu musik yang tidak membosankan dan lagu itu akan tetap diingat selamanya, bukan hanya musik yang didengar lalu dilupakan karena ada lagu lain yang baru. Jika kalian seperti itu kalian merupakan tipe pendengar yang mengikuti arus yang ada di pasaran. Apabila kita ingin mengetahui arti musik yang sesungguhnya itu kalian harus paham mana musik yang abadi dan mana musik yang pasaran.

Walaupun kita tahu bahwa selera musik orang beda-beda dan tidak bisa dipaksakan, tapi alangkah lebih baik apabila kita menghargai musik yang tidak hanya diperdengarkan di pasaran saja. Karena walaupun nada cuma terdiri dari DO RE MI FA SO LA SI DO¹ tapi banyak lagu diluar pasaran yang memiliki nilai yang lebih bagus dibanding apa yang ada di pasaran. Dapat dilihat dari segi kualitas mereka dalam bermusik dan juga lirik yang tidak hanya bernuansa cinta tapi bercerita tentang kehidupan sosial atau kehidupan yang ada disekitar kita, selain itu ada juga yang mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Itu semua karena adanya suatu makna yang disampaikan dalam lirik suatu lagu.

No comments:

Post a Comment